HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMILTRISMESTER III DALAM ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KOTA

  • Maria Sriana Banul Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian UNIKA Santu Paulus Ruteng
  • Clara Agnesia Pascuela Nanda Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian UNIKA Santu Paulus Ruteng
Keywords: Komunikasi terapeutik, tingkat kepuasan, ANC

Abstract

Masalah yang sering terjadi dalam komunikasi bidan terhadap pelayanan ANC adalah menyampaikan sesuatu terhadap ibu hamil tidak tepat sasaran dan ibu hamil cenderung putus asa. Komunikasi baik antara bidan dengan ibu hamil sangat mempengaruhi kepuasan ibu hamil dalam mendapat pelayanan oleh bidan. Sehingga dapat diperoleh rasa saling percaya antara bidan dan pasien. Penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Lokasi penelitian Puskesmas Kota Ruteng. Jumlah sampel sebanyak  23 ibu hamil, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai p-value 0,047 yang berarti lebih kecil dari p-value (0,05) dengan kata lain menunjukkan ada hubungan yang bermakna. Dengan demikian terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil TM III dalam ANC di Puskesmas Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai.. Dengan demikian, disarankan petugas kesehatan di Puskesmas agar tetap menerapkan komunikasi terapeutik kepada pasien khususnya bagi ibu hamil untuk meningkatkan kepuasan dalam pelayanan yang diberikan.

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depkes RI. 2010. Buku Saku Bidan. Jakarta. Irene
D.S. 2010. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Jogjakarta : Nuha Medika.
Nurhasanah, Nunung Ns. 2010. Ilmu Komunikasi dalam Konteks Keperawatan Untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Nurunniyah & Nurhayati. 2013. Mutu Pelayanan Kebidanan. Yogyakarta: Fitramaya
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mundakir. (2006). Komunikasi Keperawatan Aplikasi dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Pohan. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Putri, Trikaloka H. 2013. Komunikasi Kebidanan. Yogyakarta: Mitra Setia
Riyanto, A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Saifuddin. 2009. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidkan. Bandung: Alfabeta.
Suryani. 2015. Komunikasi Terapeutik Teori dan Praktik Edisi 2. Jakarta: EGC
Wawan, A, Dewi. 2011. Pengetahuan, Sikap dan Prilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wijaya, Alfin. 2014. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Bedah Rawat Inap Kelas 3 Rumah Sakit Daerah Kalisat Di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi Vo.2 No.2, Hal 102-110.
Published
2020-12-20