STUDI ANALISIS TERHADAP APLIKASI MOBILE UNTUK MENGURANGI CEMAS PADA PASIEN ANAK SEBELUM TINDAKAN PROSEDUR ASPIRASI SUMSUM TULANG
Keywords:
Aplikasi mobile, cemas pada anak, aspirasi sumsum tulangAbstract
Studi Analisis Terhadap Aplikasi Mobile Untuk Mengurangi Cemas Pada Pasien Anak Sebelum Tindakan Prosedur Aspirasi Sumsum Tulang. Studi ini bertujuan sebagai pendekatan yang sistematik untuk memperkenalkan dan mengembangkan aplikasi mobile yang digunakan dalam dunia kesehatan diharapkan nantinya dapat dikembangkan dalam aplikatif keperawatan klinis pada keperawatan anak. Desain aplikasi ini menunjukkan animasi bergambar tentang prosedur tindakan yang akan dijalaninya, dan game mobile sebelum pengukuran skala kecemasan. Perlakuan yang dilakukan kepada pasien anak usia 5-12 tahun ini yang akan menjalani prosedur aspirasi sumsum tulang melibatkan orangtua, perawat dan dokter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile sangat membantu mengurangi kecemasan bagi pasien-pasien anak yang akan menjalani prosedur tindakan medis.
References
Coté, C. J., & Wilson, S. (2016). Guidelines for Monitoring and Management of Pediatric Patients Before, During, and After Sedation for Diagnostic and Therapeutic Procedures: Update 2016. Pediatric Dentistry, 38(4), 13–39. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ddh&AN=11 519941&site=ehost-live
Istifada, R. (2017). PADA PERAWAT DI LAYANAN HOMECARE sangat luas , sehingga akses antara satu belum diaplikasikan pada layanan. Nursing Current, 5(1), 51–61.
Lee, J.-H., Jung, H.-K., Lee, G., Kim, H.-Y., Park, S.-G., & Woo, S.-C. (2013). Effect of behavioral intervention using smartphone application for preoperative anxiety in pediatric patients. Korean Journal of Anesthesiology, 65(6), 508–518. Retrieved from http://10.0.16.1/kjae.2013.65.6.508
McClure, C., Cunningham, M., Bull, S., Berman, S., & Allison, M. A. (2018). Using Mobile Health to Promote Early Language Development: A Narrative Review. Academic Pediatrics. https://doi.org/10.1016/j.acap.2018.07.010
Putra Simamora, R. T. W., Kurniawati, A., & Puspitasari, W. (2015). Membangun Mobile Game Sebagai Assistive Technology Untuk Membantu Mengembangkan Social
Interaction Skill Pada Penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Menggunakan Metode Agile Development. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 2(1), 44–51.
Rafsyam, Y., Febiana, N., Sistem, J., Universitas, I., Jakarta, G., Teknik, J., … Jakarta, N. (2015). Aplikasi Android Sebagai Media Informasi Dalam, 11(3), 202–208. https://doi.org/10.1583/10-3141.1
Siebert, J. N., Ehrler, F., Combescure, C., LaCroix, L., Haddad, K., Sanchez, O., … Manzano, S. (2017). A mobile device app to reduce time to drug delivery and medication errors during simulated pediatric cardiopulmonary resuscitation: A randomized controlled trial. Journal of Medical Internet Research. ttps://doi.org/10.2196/jmir.7005 Stecke, K. E., & Kim, I. (1988). A study of FMS part type selection approaches for short-term production planning. International Journal of Flexible Manufacturing Systems, 1(1), 7–29. https://doi.org/10.1007/s10916-008-9199-8
Vyas, A. F., Lorberg, B. A., Prince, J. B., & Stern, T. A. (2018). 39 - Psychopharmacologic Management of Children and Adolescents. Massachusetts
General Hospital Handbook of General Hospital Psychiatry (Seventh Ed). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-48411-4.00039-4
Wantanakorn, P., Harintajinda, S., Chuthapisith, J., Anurathapan, U., & Rattanatamrong, P. (2018). A New Mobile Application to Reduce Anxiety in Pediatric Patients Before Bone Marrow Aspiration Procedures. Hospital Pediatrics, 8(10), 643–650. https://doi.org/10.1542/hpeds.2018-0073