HUBUNGAN PERILAKU PHUBBING DENGAN PROSES INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG

Authors

  • Lusia Henny Mariati Fakulatas Ilmu Kesehatan dan Pertanian UNIKA Santu Paulus Ruteng
  • Maria Oktasinai Sema Fakulatas Ilmu Kesehatan dan Pertanian UNIKA Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Perilaku phubbing, interaksi sosial

Abstract

Hubungan Perilaku Phubbing dengan Proses Interaksi Sosial pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui hubungan perilaku phubbing dengan proses interaksi sosial pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Desain penelitan menggunakan cross sectional study dan metode pengambilan sampel menggunakan purposivesampling. Sampel dalam penelitian ini mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng yang berjumlah 95 orang. Hasil analisa bivariat dengan menggunakan uji chi-square diproleh nilai signifikan antara  variabel perilaku phubbing dengan proses interaksi sosial mahasiswa yakni  p=0.002 (p <0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan  yang signifikan antara perilaku phubbing dengan proses interaksi sosial mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Sebagai saran diharapkan pihak Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng agar lebih memperhatikan faktor- faktor yang dapat mengganggu interaksi sosial mahasiswa.

References

Backer, Elisa. (2010).“Using Smartphone and Facebook in A Major Assessment: The Student Experience”. E-Journal. Australia: University of Ballarat. Diakses melalui https://www.researchgate.net/publication.
Barakati, D. (2013). Dampak penggunaan smartphone dalam pembelajaran bahasa inggris (persepsi mahasiswa) Skripsi, Universitas Sam Ratulangi Fakultas Sastra Manado.
Hanika, I.M. (2015). Fenoma phubbingdi era milenial.Jurnal Interaksi 4(1) hlm 42-51.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Hidayat.(2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhni Analisis Data. Jakarta:Salemba Medika.
Karadag, E., Tosuntas, S.B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., S ¸ ahin, B. M., Babadag, B. (2015). Determinants of phubbing, which is thesum of many virtual addictions:a structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, melalui”http://dx.doi.org/10.1556/2006.420 15.005.
Kibona, L. & Mgaya, G. 2015.Smartphones’ effects on academic performance of higher learning students.Journal of multidisciplinary engineering science and technology.Vol. 2, issue 4, ISSN: 3159-0040.
Kurnia, I.& Gifary, S. (2015).IntensitasPenggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi.Jurnal Sosioteknologi, Vol. 14, No.2.
Maria, N. (2013).Pengaruh penggunaan smartphone terhadap nilai akademik mahasiswa.Vol. 4, No. 2, 652-658.
Syarif, N. (2013). Pengaruh perilaku pengguna smartphone terhadap komunikasi interpersonal Siswa SMK TI AirlanggaSamarinda.e-Journal Ilmu Komunikasi 3(2), 213-227,. ISNN 0000-0000.
Turnbull, C. (2010).Mom just facebooked me and dad knows how to text. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications.Melalui http://www.elon.edu/docs/eweb/academics/communications/research/01TurnbullEJSpring10.
Varoth, C. K (2018).The effects of “phubbing” on social interaction. Wiley: Journal Of Applied Social Psychology, Vol 1 No 33.

Downloads

Published

2019-12-20