HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN YANG MENGGUNAKAN ASURANSI KESEHATAN BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS CARINGIN BANDUNG
Keywords:
Pelayanan pasien, BPJS, PuskesmasAbstract
Hubungan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Yang Menggunakan Asuransi Kesehatan BPJS Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Caringin Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan pada pasien yang menggunakan asuransi kesehatan BPJS dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan puskesmas Caringin Bandung. Penelitian ini menggunakan metode korelatif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari 98 reponden terdapat 86 (87,8 %) yang mendapat pelayanan baik dan menyatakan puas dengan pelayanan BPJS, 6 (6,1 %) yang mendapatkan pelayanan cukup baik dan 6 (6,1 %) yang mendapatkan pelayanan kurang baik dan tidak puas dengan BPJS. Nilai P-Value sebesar 0,000 karena P-Value < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pada pasien di Puskesmas Caringin. Diharapkan petugas kesehatan yang ada dipuskesmas caringin tetap mempertahankan kualitas pelayanan terkait BPJS dan terus meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan prosedur keselamatan kerja yang telah ditetapkan.
References
Azwar Azrul.(2009). Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI
Azwar. S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Asmadi, 2008, Konsep Dasar Keperawatan, EGC. Jakarta
Asih Eka Putri, 2014. Paham JKN Jaminan Kesehatan Nasional ( CV Komunitas Petajen Mediatama.
BPJS. (2015). INFO BPJS KESEHATAN. BPJS Kesehatan.
Depkes R.I. (2008). Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat 2008. Jakarta : Depkes R.I
Depkes R.I. (2012). Implikasi Pelayanan Kesehatan. Depkes RI. Jakarta