HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH: SEBUAH STUDI PADA SALAH SATU TK DI KECAMATAN KOTA KOMBA, MANGGARAI TIMUR

Authors

  • Naling Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Ndorang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Nggarang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Gadget, pola asuh, anak prasekolah

Abstract

Gadget merupakan perangkat elektronik yang semakin mudah diakses oleh berbagai kalangan, termasuk anak prasekolah. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat memicu kecanduan, yang berdampak negatif pada perkembangan fisik, emosional, dan sosial anak. Salah satu faktor penting yang memengaruhi perilaku anak terhadap gadget adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecanduan gadget pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Uji statistic menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (91,4%) dan sebagian besar anak tidak kecanduan gadget (74,3%). Uji chi-sqare menunjukkan bahwa nilai ρ=0,001 (ρ<α=0,05) artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecanduan gadget. Pengawasan dan pendampingan orang tua sangat diperlukan untuk meminimalisir tingkat kecanduan gadget pada anak prasekolah. Semakin baik pola asuh orang tua maka semakin berkurang tingkat kecanduan gadget pada anak prasekolah

References

Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.

Hastuti, P., & Rofika, A. (2020). Hubungan Status Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Prasekolah Umur 4-6 Tahun Di Tk Islam Miftahul Ulum Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health), 10(2), 140–148.

Hifayatin, N., Muji Astuti, N., & Faridah. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dan Pendampingan Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 139–149.

Kusmawati, I. I, dkk. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dan Tumbuh Kembang Balita. Jawa Barat: CV Jejak.

Mohzana, M., Murcahyanto, H., & Fahrurrozi, M. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 7(1), 1–11.

Narullita, D. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah di Kab. Bungo. Jurnal Pustaka Keperawatan, 1(1), 27–33.

Pamungkas, A. Y. F., Indriani, N., Wulandari, T., & Rachmawan, I. (2023). Peran Pola Asuh Dengan Kecanduan Gadget Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Jiwa,11(1), 97–102.

Pratiwi, K. E., Haniarti, & Usman. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Sd Negeri 38 Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(1), 31–42.

Puspita, Sylvie. (2020). Monograf Fenomena Kecandua Ganget Pada Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Statista. (2022). Smartphone Users by Country Worldwide 2022. https://www.statista.com/statistics/748053/worldwide-top-countries smartphoneusers/#statisticContainer

Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua (V. Prya (ed.); Vol. 1). Nilacakra.

WHO. (2020). Improving early childhood development policies and practices. In World Health Organization. https://www.urban.org/research/publication/ improving-early-childhood-development-policies-and-practices

Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. 8(July), 112–120.

Yulihasri, R., & Mahyuddin, N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Karakter Mandiri Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 169–181.

Downloads

Published

2025-06-20