PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA: STUDI KASUS PADA SEBUAH SMP DI KECAMATAN LANGKE REMBONG, MANGGARAI
Keywords:
Teman sebaya, konsep diri, remajaAbstract
Pada masa remaja, individu mulai memantapkan konsep diri yang dimilikinya melalui pengalaman yang diterimanya dari lingkungan dan bagaimana individu memandang dirinya sendiri. Konsep diri berkembang berdasarkan pengalaman dari lingkungan, orang tua, teman sebaya maupun diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap konsep diri remaja di SMP Negeri 4 Langke Rembong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dan diperoleh sampel sebanyak 120 orang. Data penelitian teman sebaya dan konsep diri diperoleh dari kuesioner. Analisis data menggunakan kendall’s tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 45 responden (37,5%) dengan teman sebaya positif, 75 responden (62,5%) dengan teman sebaya negatif, dan 111 responden ( 92,5%) dengan konsep diri positif, 9 responden (7,5%) dengan konsep diri negatif. Hasil uji hipotesis dengan kendall’s tau dengan p value 0,157 (p<0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh teman sebaya terhadap konsep diri remaja di SMPN 4 Langke Rembong. Diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk berupaya menciptakan lingkungan sosial yang mendukung remaja untuk mengembangkan konsep diri yang sehat dan positif.
References
Alini, A., & Meisyalla, L. N. (2021). Gambaran Kejadian Body Shaming Dan Konsep Diri Pada Remaja Di Smkn 1 Kuok. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 1170–1179. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2371
Alviyan, A., Mahardhani, A. J., & Utami, P. S. (2020). Peran Kelompok Teman Sebaya Dalam Upaya Pembentukan Moral siswa Di kabupaten Ponorogo. X(X), 1–14.
Asri, D. N. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja ( Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun ). 6(1), 1–11.
Aulina, N. (2019). Konsep diri, kematangan emosi, dan perilaku bullying pada remaja. Cognicia, 7(4), 434–445. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.9231
Avedissian, T., & Alayan, N. (2021). Adolescent well-being: A concept analysis. International Journal of Mental Health Nursing, 30(2), 357–367. https://doi.org/10.1111/inm.12833
Fadilah, A., & Marjohan, M. (2021). Kontribusi dukungan orang tua dan konformitas teman sebaya terhadap motivasi belajar Perkenalan Machine Translated by Google Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu dengan mengumpulkan data. 1, 53–58.
Farah, M., Suharsono, Y., & Prasetyaningrum, S. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 171–183. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.8243
Hamdanah, M. A. S. 2022. (n.d.). Dinamika Remaja.
Hamzah, F. (2020). Hubungan Antara Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 301. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109568
Laila Indah Wardani, R. A. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku konsumtif Remaja.
Lete, G. R., Kusuma, F. H. D., & Rosdiana, Y. (2019). Hubungan Antara Harga Diri dengan Resiliensi Remaja di Bhakti Luhur Malang. Nursing News Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, 4(1), 20–28.
Sa’adah, L., Martadani, L., & Taqiyuddin, ahmad. (2021). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Pada Pt Surya Indah Food Multirasa Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 515.
Safitri, F. H., & Ahmad, R. (2021). Self-Concept of Teens Living in an Orphanage. 3(2). https://doi.org/10.24036/00421kons2021
Saraswatia, G. K., & , Zulpahiyana, S. A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta at SMPN 13 Yogyakarta. 33–38.
Sari, M., & Halik, A. (2022). Hubungan Permasalahan Konsep Diri Remaja Dengan Pembinaan Orang Tua. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 4(1), 18–29. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JBPI/article/download/4722/2773/
Suhaida, P., & Mardison, S. 2019. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri.
Sukmawati, A. S. (2023). Metode Penelitian (E. & Sepriano (ed.)).
Sumantri, A. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Syahraeni, A. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 7(1), 61–76.
Tamalawe, C. G. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Kelas X Di Sma Kristen Dharma Mulya Surabaya. Jurnal Keperawatan, XII(1), 40–48.