PENGARUH PARENTING PADA KESEHATAN MENTAL ANAK

Authors

  • Muhammad Nazliy Setiawan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Dinda Kumala Dewi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Halizyah Zain Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bunga Anggriani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Haniatul Husna Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Lharasati Dewi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Keywords:

Pola asuh, orang tua, anak

Abstract

Perkembangan psikis dan fisik seorang anak memiliki hubungan yang sangat erat dengan peran dan pola asuh orang tua. Selain daripada pengaruh lingkungan, pola asuh dari orang tua juga sangat berperan dalam tumbuh kembang seorang anak. Pola asuh orang tua yang kurang tepat bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental anak, begitu pula sebaliknya pola asuh orang tua yang tepat bisa berdampak positif terhadap kesehatan mental anak. Pada penelitian ini akan dibahas beberapa rumusan masalah, seperti bagaimana peran orang tua dalam perkembangan anak, apa saja jenis-jenis pola asuh, dan bagaimana dampak postif dan negatif yang muncul dari pola asuh orang tua kepada anak dan berdampak terhadap kesehatan mental anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam perkembangan anak,  jenis-jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dan dampak positif serta negatif dari jenis jenis pola asuh tersebut. Penelitin ini menggunakan metode studi literatur. Literatur yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber-sumber penelitian atau kajian sebelumnya sebagai sumber acuan, seperti jurnal ilmiah, artikel serta sumber referensi penunjang lainnya.

 

References

Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.565
Almerekhi, H., Kwak, H., Salminen, J., & Jansen, B. J. (2022). PROVOKE: Toxicity trigger detection in conversations from the top 100 subreddits. Data and Information Management, 6(4), 100019. https://doi.org/10.1016/j.dim.2022.100019
Azis, A., Warda, Y., & Jannah, F. (2022). Peranan Keluarga Terhadap Pendidikan Akhlak Di Masa Pandemi. HIBRUL ULAMA, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.169
Azizah Muthi’Nuryatmawati, Pujiyanti Fauziah, & Annida Ramdhani Fitri. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: JurnalAnakUsiaDinidanPendidikanAnakUsiaDini, 6(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i2.5286
Budiman, A., & Suva, P. R. (2018). Urgensi Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi Melalui Penguatan Keluarga. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 18(2), 135. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i2.1846
El Hafiz, S., & Almaududi, A. A. (2015). PERAN POLA ASUH OTORITER TERHADAP KEMATANGAN EMOSI YANG DIMODERATORI OLEH KESABARAN. HUMANITAS, 12(2). https://doi.org/10.26555/humanitas.v12i2.3842
Ersami, F. K., & Wardana, M. A. W. (2023). Pengaruh Toxic Parenting bagi Kesehatan Mental Anak: Literature Review. Jurnal Promotif Preventif, 6(2), 324–334.
Farida Rohayani, Wahyuni Murniati, Tirta Sari, & Annida Ramdhani Fitri. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7316
Fatahya & Fitri Ariyanti Abidin. (2022). Literasi Kesehatan Mental dan Status Kesehatan Mental Dewasa Awal Pengguna Media Sosial. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 6(2). https://doi.org/10.15294/higeia.v6i2.49871
Fikriyyah, Hana faiha, Nurwati, Santoso, & Meilany Budiarti. (2022). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11–17.
Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Iriani Indri Hapsari. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. PT Indeks.
Lidia Hastuti, Rona Eka Kusuma, & Sri Ariyanti. (2022). Gambaran Peran Keluarga dalam Pencegahan Risiko Stunting Pada Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Keperawatan & Kesehatan, 13(2), 78–83. https://doi.org/10.54630/jk2.v13i2.237
Majdi, M., Rahimah, H., & Muzdhalifah, M. (2021). Pola Asuh Orang Tua “Zaman Now” Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 37. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.533
Makagingge, Meike, Mila Karmila, & Anita Chandra. (2019). Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Pertiwi, Y. W., & Muminin, A. (2020). PARENTING, ISLAMIC MORALS AND OBEDIENCE. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 6(1), 16–28. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3921
Qurrotu ayun. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Sary, Y. N. E. (2022). Kesehatan Mental Emosional Korban Perceraian pada Anak Usia Dini di Panti Asuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3680–3700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2227
Sary, Y. N. E. (2023). Fenomena Kekerasan Psikologis pada Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3736
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Suteja, J. (2017). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Umi Latifah Hanum, Masturi Masturi, & Khamdun Khamdun. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. 2(7). https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1123
Universitas Udayana, Bali, & Yuliana, Y. (2022). Pentingnya Kewaspadaan Berinternet untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.35912/jimi.v2i1.1218

Downloads

Published

2024-06-20