PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG

Authors

  • Andika Pratama Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Yohanes Jakri Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Christin F.M Bebok
  • Yuliana Suryati Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria Sriana Banul Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Kecanduan, game online, motivasi belajar, mahasiswa

Abstract

Game online merupakan fenomena yang sedang terjadi di Indonesia saat ini, dimana hampir semua pemainnya adalah remaja yang masih mengenyam pendidikan. Game online menjadi salah satu penyebab adiksi yang berbahaya bagi para pemainnya. Fenomena ini menyebabkan penurunan konsentrasi dan ketekunan mahasiswa dalam belajar, akibat bermain game online yang berlebihan. Akibatnya, muncul masalah baru yaitu menurunnya prestasi dan motivasi belajar di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah 82 sampel. Hasil analisis bivariat dengan uji statistik chi-square memperoleh P value sebesar 0,030, yang artinya nilai ini < alpha (0,05). Dengan demikian, disimpulkan bahwa Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh kecanduan game online terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

References

Chiesa, S. A. (2021). Hubungan antara Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Bermain Game Online X di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 1–11.
Fembi, P. N., Nelista, Y., Vianitati, P., Fakultas, D., Kesehatan, I.-I., Nusa, U., & Abstrak, N. (2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 679–688. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124153
Irwandi, D., Masykur, R., & Suherman, S. (2021). Korelasi Kecanduan Mobile Legends Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(3), 292–299. https://doi.org/10.46306/lb.v2i3.87
Lestari, A., & Maliga, I. (2022). Frekuensi Bermain Game Online Dalam Memenuhi Kebutuhan Tidur Pada Remaja Di Desa Songkar Frequency of Playing Online Games to Fulfill The Sleep Needs of Youth in Songkar Village Program Studi Kebidanan STIKES Griya Husada Sumbawa , email : ** Program Stud. 13, 27–33.
Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan Neurobiologi Pendahuluan Memasuki abad 21 yang dimulai pada tahun 2001 , terjadi ( ponsel ), dari era surat menyurat ke penggunaan ponsel dengan fitur canggih , mengambil foto , hingga mengikuti tren yang. Journal of Sychology, 1(1), 1–16.
Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Sma Negeri Di Kota Ruteng. 55 Jwk, 6(2), 2548–4702.
Notoatmodjo, (2012). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Parwita, H. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang). Pengaruh Perkembangan Teknologi (Game Online), 650–657.
S, F. D. W., & Safitri, P. (2022). Pengaruh Digital Games Learn Math and Math Problems Terhadap Motivasi Belajar Matematika Dipandang dari Neuroscience. November, 213–221.
Sari, R., Rahayu, E., & Anam, A. (2022). Bermain Game Online berhubungan dengan Perilaku Caring pada Mahasiswa Keperawatan UNSOED. Journal of Bionursing, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.20884/1.bion.2022.4.1.127
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Triatmojo, D. W. (2019). Kontribusi perilaku game online terhadap motivasi belajar siswa SMA. Cognicia, 7(4), 527–538. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.9263
Yosephine, Y., & Lesmana, T. (2020). Pola Asuh Orangtua Dan Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Remaja Akhir Di Jakarta. Psibernetika, 13(1), 49–58. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v13i1.2272

Downloads

Published

2024-06-20