HUBUNGAN PROSES BELAJAR DARING DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS KATOLIK SANTU PAULUS RUTENG

Authors

  • Efram Igrenino Rahmat Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Bonavantura Nursi Nggarang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Angelina Roida Eka Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Proses belajar daring, tingkat stres, mahasiswa

Abstract

Dampak dari pandemic Covid-19 pada proses belajar cukup terasa. Masalah yang dihadapi, proses belajar menggunakan media daring ini lebih melelahkan dan membosankan karena mereka tidak dapat berinteraksi dengan dosen maupun teman lainnya. Dengan demikian dapat mengakibatkan frustasi pada mahasiswa, dan bila terus berlanjut dapat menimbulkan stress. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan proses belajar daring dengan tingkat stres pada mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan melibatkan 152 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, tempat penelitian dilakukan  di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, waktu penelitian dilaksanakan pada 09 Maret sampai dengan 30 April 2022. Hasil penelitian menunjukan proses belajar daring yang paling banyak pada kategori kurang 77 orang (50.7%) dan yang paling sedikit pada kategori cukup 75 orang (43.3%) dan mahasiswa yang paling banyak mengalami stress sedang 65 orang (42.7%) dan yang paling sedikit stress ringan 8 orang (5.3%). Analisis data menggunakan uji Chi-Square, antara proses belajar daring dan tingkat stress dengan hasil uji nilai p value 0,0001<(0,05) Hasil analisis didapatkan bahwa ada hubungan proses belajar daring dan tingkat stress pada mahasiswa.

References

Darmansyah. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring ABSTRAK Artikel . Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 1 Bulan Maret 2020 Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 1 Bulan Maret 2020. 4(1), 66–71.
Desmita. (2020) Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi Administrasi Bisnis Internasional , Politeknik Negeri Bengkalis , email : Psikologi , Fakultas Kedokteran , Universitas Sriwijaya , email :. 17–30.
Enik Nur Kholida dan Asmadi Alsa,(2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.
Hasana et al (2020) Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ).
Liu. (2011). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.
Nugroho. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH ) Selama Pandemi Covid 19
Rosdiana (2017) ), Buku Ajar Fundamental Keperawatan, konsep. Teori dan praktik. Edisi 7. Penerbit Buku EGC. Jakarta.
Sagita. (2017). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.
Saifuddin. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19
Tantri. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi Administrasi Bisnis Internasional , Politeknik Negeri Bengkalis.

Downloads

Published

2022-12-20