LITERATURE REVIEW: TRIGGER FACTORS OF STRESS IN PREGNANT WOMEN

  • Nur Dafiq Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Fransiska Fortunata Tesi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Hildayati Mersiona Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria M.A Sonjaya Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria F Wahut Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria Estiana Elsi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Helena Sartika Cahaya Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Melania Fatima Numar Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Stres, faktor pemicu stres, ibu hamil, intervensi

Abstract

Salah satu perubahan psikologis yang dialami ibu hamil adalah perasaan cemas, takut, bahkan depresi. Stres merupakan respon yang dialami oleh ibu yang menghadapi persalinan yang dimungkinkan oleh adanya perasaan takut menghadapi proses persalinan, terutama ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan (primigravida). Artikel ini merupakan hasil review beberapa artikel dari website seperti Google Scholar, Research Gate. Tujuan penulisan artikel jurnal ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pemicu stres pada ibu hamil dan teknik yang ditawarkan untuk mengatasi stres tersebut. Hasil dari beberapa penelitian menemukan bahwa stres pada ibu hamil dipicu oleh tuntutan yang ditanggung ibu, seperti bertambahnya anak, bertambahnya jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain itu, faktor pencetus lain yang menyebabkan stres pada ibu hamil saat hamil adalah riwayat risiko kehamilan, nilai agama dan dukungan keluarga.

References

Aisyah, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Pada Ibu Hamil Primigravida Saat Persalinan Normal Di Praktek Bidan Mandiri Di Wilayah Kecamatan Padang Tualang tahun 2017. JURNAL KESEHATAN SAMODRA ILMU, 9(1), 1-5.
Hendriani, D., Widyastuti, H. P., Putri, R. A., & Puspitaningsih, R. (2021). Peran suami dalam gangguan kecemasan dan stress pada ibu hamil selama pandemi COVID-19. MMJ (Mahakam Midwifery Journal), 6(1), 28-36.
Putri, A. M. (2015). Hubungan Stress Dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Di RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Dan RS Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2015. Jurnal Medika Malahayati, 2(4), 194-199.
Pusparini, D. A., Kurniawati, D., & Kurniyawan, E. H. (2021). Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur pada Ibu Preeklamsi di Wilayah Kerja Puskesmas Tempurejo-Jember. Pustaka Kesehatan, 9(1), 16-24.
Hasnani, F. (2021). Pengaruh Relaksasi Nafas Dalam dan Pijat Wajah Terhadap Tekanan Darah dan Stres Pada Ibu Hamil. Jurnal Health Sains, 2(6), 796-805.
Nency, A. (2018). Pengaruh Peran Bidan, Peran Keluarga, Persepsi Ibu, Konsep Diri Stres Pada Ibu Hamil Primigravida. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 8(02), 101-110.
Elsanti, D., Yulistika, D., & Yuliarti, Y. (2016). Hubungan Antara Tingkat Stress Dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Pre Eklamsi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Puskesmas Kalibagor. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 2(1), 177-186.
Widiani, N. N. A., & Noviani, N. W. (2020). Pengaruh senam hamil terhadap tingkat stres ibu hamil trimester III di Kecamatan Sukawati tahun 2020. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 446-451.
Wungouw, H., & Lolong, J. (2017). Hubungan stres dengan kejadian insomnia pada ibu hamil di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1), 1-7.
Wati, L. S. (2018). Pengaruh Prenatal Massage Terhadap Stres Kehamilan Pada Primigravida Trimester III di BPM Lilis Surya Wati Sambong Dukuh Jombang. Jurnal Kebidanan, 8(1), 15-23.
Primawati, A. S., Widyawati, M. N., & Admini, A. (2018). Penurunan tingkat stres ibu hamil dengan terapi musik dan aromatherapy pada kelas ibu hamil. Jurnal Kebidanan, 8(1), 37-43.
Herlina, Y. N., Desmiwarti, D., & Desmiwarti, E. (2016). Hubungan Stresor Psikososial pada Kehamilan dengan Partus Prematurus. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 129-134.
Rahmawati, W. R. (2019). Pengaruh Stres pada Ibu Hamil Trimester III terhadap Aktivitas Janin yang Dikandung di Wilayah Puskesmas Grabag 1 Kabupaten Magelang. Jurnal Keperawatan Mersi, 8(2), 37-42.
Simanjuntak, E. H.(2019). Pengaruh Refleksologi Pada Kehamilan Dan Persalinan. Midwifery Conference, 3(8), 1-10.
Astari, M. D., Istikhomah, H., & Murwati, M. (2018). Hubungan Strategi Koping Dengan Persepsi Stres Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Karanganom Klaten. Jurnal Kebidanan Indonesia, 9(2). 34-38.
Rudhiati, F., & Nurwahidah, A. (2016). Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Tingkat Stres Pada Ibu Primigravida Trimester III. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 3(3), 139-145.
Beo, Y. A., Astari, A. M., Kp, S., Kep, M., Mat, S., & Lestari, R. (2021). Studi fenomenologi pengalaman psikologis ibu hamil selama masa pandemi covid-19 di Manggarai NTT (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
VIVI, S. (2020). Model Deteksi Coping Pada Wanita Hamil Primigravida di DKI Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Published
2022-12-20