HUBUNGAN POLA ASUH IBU BEKERJA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD SANTA JULIANA GOLO BILAS

  • Anastasia Natalia Badar Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian Unika Santu Paulus Ruteng
  • Fransiska Yuniati Demang Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian Unika Santu Paulus Ruteng
  • Gabriel Fredi Daar Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian Unika Santu Paulus Ruteng
Keywords: Ibu bekerja, pola asuh, perkembangan sosial, prasekolah

Abstract

Peran utama seorang ibu adalah mengasuh anak, tetapi seiring dengan perkembangan zaman banyak ibu yang terjun ke dunia kerja, sehingga peran pengasuhanpun menjadi semakin rumit. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan sosial anak usia prasekolah, karena dalam periode ini, anak belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungannya, yang dipelajari dari relasinya dengan sang ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah 20 orang ibu bekerja dan 20 anak usia prasekolah yang mengikuti pendidikan anak usia dini di PAUD St. Juliana Golo Bilas. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Exact Fisher Test. Hasil penelitian menunjukan p value 0,001<0,05 berarti ada hubungan yang signifikan antara pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di PAUD St.Juliana Golo Bilas. Diharapkan agar orang tua khususnya ibu yang bekerja dapat menerapkan pola asuh yang sesuai agar anak dapat mengalami perkembangan sosial yang sesuai.

References

Altridonatho, & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: IKAPI.

Amin, M., & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika .
Azizah, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Sekelurahan Cinere-Depok.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai. (2017). Angkatan Kerja. Retrieved Desember 18, 2020, from BPS Manggarai: https://manggaraikab.bps.go.id/
Batubara, H. S., Wahyuni, R. S., & Adha, D. A. (2018). Hubungan Pola Asuh Ibu Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di Kelompok Bermain Bunayya Pekanbaru Tahun 2018. Ensiklopedia Of Journal .
Domino, P. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dengan Menggunakan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga Di Manggarai, NTT. Psikologi Pendidikan .
Filiya, A. N. (2008). Hubungan Tumbuh Kembang Anak Dengan Pola Asuh Ibu Bekerja.
Helmawati. (2014). Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irawan, R., Verawati, M., & Putri, D. R. (2019). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja dengan perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Health Science Journal .
Ismiatun, A. N., & Yoyon, S. (2019). Pengaruh Pengasuhan Ibu Yang Bekerja Terhadap perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Al-Abyadh .
Key, J. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Lon, Y. S., & Widyawati, F. (2017). Lingkaran Kekerasan Terhadap Anak Dalam Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio .
Muntiani, & Supartini. (2013). Hubungan Ibu Kerja Dengan Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Desa Grogol Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Embrio Jurnal Kebidanan .
Mursid. (2016). Perkembangan Pembelajaran Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, G. P. (2012). Perbedaan Perkembangan sosial Anak Prasekolah Dengan Pola Asuh Demokratis Dan Otoriter Di Taman Kanak-Kanak Dharma Indria Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Shaumi, Z. (2017). Perbedaan Pola Asuh Antara Ibu Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja Pada Anak Di TK PGRI Slungkep 02. Prisiding HEFA (pp. 456-466). Kudus: LPPM STIKES Cendekia Utama Kudus.
Soetdjiningsih, & Ranuh, I. N. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sofia, A., Irzalinda, V., & Prawisudawati, E. (2016). Faktor-Faktor Yang Berperan Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogika .
Subdirektorat Statistik Ketenagakerjaan. (2019). Keadaan Angkatan Kerja Di Indonesia Februari 2019. Jakarta: BPS RI.
Sulistyowati, A., & Kasdiarti, R. (2016). Studi Tingkat Pengetahuan Ibu Yang Bekerja Tentang Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di Desa Simogirang Kecamatan Prambon, Sidoarjo.
Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC.
Tong, L., Shinohara, R., Sugisawa, Y., Tanaka, E., Maruyama, A., Sawada, Y., et al. (2009). Relationship Of Working Mothers' Parenting Style and Consistency To Early Childhood Development: A Longitudinal Investigation. Journal Of Advanced Nursing .
Utami, W., Maulia, D., & Indriastuti, H. I. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua(Ibu) yang Bekerja dan Tidak Bekerja Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah Di TK Aisyiya III Kebumen. University Research Colloqium .
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Al-Rohma Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing newss .
Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
Published
2021-06-20